DVRUN2016

logo tfi

Nama : Wilson Johanes

NIM : 2001537292

Jurusan : Cyber Security

Logo DVRUN

Acara DVRUN 2016 Unleash The Hero In You merupakan acara TFI Binus yang  diadakan untuk memperingati hari pahlawan pada 10 November dan hari anak-anak sedunia pada 20 November telah bergelar di Pasar Seni Ancol ( Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430, Indonesia ) pada hari Minggu, 4 Desember 2016. Dimulai dari jam 7 pagi yang akhirnya sedikit ngaret sehingga jam 7:30 Baru dimulai. XD

Acara ini saya ikuti untuk melakukan olahraga dan juga berfikiran dapat meramaikan acara tersebut bersama dengan teman-teman serta apabila mungkin mendapatkan juara. Tetapi, setelah melihat pelari lain.. Maka, tujuan mendapat juara pun hangus dengan banyaknya pelari yang lebih cepat dari saya.

Acara berawalan dengan senam awal untuk sebagai pemanasan para DVRUNNERS untuk nantinya akan berlari sepanjang kurang lebih 5 KM. Pelari mulai berlari dari jam 7:45, dengan apabila pelari telah menyampai garis finish sebelum jam 9 maka mereka akan mendapatkan medali. Area yang menjadi tempat berlari para DVRUNNERS merupakan 1 area ancol dengan peta sebagai berikut.

PETA_DVRUN2016

 

Tempat demi tempat pun dilewati dan karena keadaannya masih pagi maka sangat bagus untuk olahraga, dengan angin yang sepoi-sepoi dan suasana laut yang terhambar di area lari yang dekat laut. Setelah berlari pun saya mendapatkan medali dari anak-anak yang berpartisipasi membantu membagikan medali, mereka terlihat bergembira mengikutinya.

Lari pun berakhir dengan senang dan banyak yang berfoto-foto di garis finish. Setelah lari DVRUNNERS mendapat freetime yang berlangsung hingga 11:30 yang nantinya dilanjutkan dengan acara panggung dengan sebelumnya penyerahan hadiah kepada pelari juara 1,2 dan 3 dimana Juara 1 dan 2 adalah seorang pelari sesungguhnya dan juara 3 mengaku sebagai karyawan BINUS. Selama freetime tersebut di tempatnya telah banyak berjejeran stand-stand makanan serta minuman segar yang sesuai dengan keadaan para pelari yang baru saja menyelesaikan lariannya.

Acara berlangsung seru dan menarik, walaupun sayangnya saya harus balik sekitar jam 2 kurang dikit karena ada kondangan, tetapi all over acaranya seru. Sehingga saya ingin berterimakasih terhadap panitia penyelenggara acara ini.

IMG_2196Optimized-IMG_2198Optimized-IMG_2199

Salah satu alasan saya mengikuti acara ini karena; Acara ini sangat menyenangkan dimana kita mendapatkan kesehatan ( lari pagi sangat menyehatkan bagi tubuh kita untuk lebih sehat dan menambah daya tahan tubuh kita ) dan kita dapat berlari bersama-sama dengan orang yang kita kenal ataupun tidak kenal sehingga terlihat bahagia serta dapat berkenalan ataupun menambah rasa toleransi antar pelari.

Acara ini membantu kita lebih melihat keadaan alam serta keadaan bagi seseorang anak kecil tepatnya yang di Jakarta bagaimana keadaan dia yang mungkin berjalan mengemis atau semacamnya demi mencukupi kebutuhan mereka, mungkin mereka berjalan lebih dari 10 km seharinya lebih jauh dari jarak lari pada acara ini. Sehingga, kita hendaknya memiliki rasa bela sungkawa terhadap mereka.

Motivasi untuk anak-anak jalanan, jangan pantang menyerah hidup ini memang sulit dan penuh penderitaan; Tetapi, apabila kita mengikutinya dengan bahagia apalagi bersama beberapa orang lainnya itu tidak akan sesulit yang kalian bayangkan kok. Dan untuk para aktivis-aktivis sosial baiknya kita membantu mereka yang telah bersusah payah berjuang untuk hidup apalagi mereka umurnya masih kecil, hendaknya kita membantu mereka sebisa mungkin mengajarkan mereka juga sesuatu yang mungkin berguna bagi mereka karena beberapa dari mereka mungkin tidak dapat mengikuti sekolah seperti yang kita lakukan.

Selayaknya kita ketahui walaupun di negara kita Indonesia memiliki UU tentang fakir miskin dan anak terlantar di pelihara oleh negara, teteapi dari hal tersebut masih saja banyak anak-anak jalanan yang terlantar dan kurang diperhatikan; Serta beberapa panti asuhan pun kadang tidak mau menerima anak-anak seperti tersebut sehingga mereka ( anak-anak jalanan ) harus bertahan hidup di jalanan.

Sebenarnya masyarakat sendiri kalau mengetahui tingkat kuantitas dari anak terlantar di daerah mereka tinggi sebaiknya mereka berpatungan membuat suatu rumah kecil untuk mereka tinggal sehingga mereka pun berasa dipedulikan; Dikarenakan kita banyak mengeluh tentang anak jalanan yang mencuri, menipu dan sebagainya tetapi, akan aksi masyarakat yang seperti itu kita dapat memperlihatkan mereka akan kepedulian, dan mungkin beberapa masyarakat yg memiliki suatu ilmu yang tinggi dan memiliki waktu luang mungkin dapat mengajarkan mereka tentang hal yang berguna baik secara ilmu ( mat, bahasa, tata krama / kesopanan, bahkan kerohanian tetapi tidak bersifat memaksa untuk masuk ke agama mana ) atau secara fisik ( merajut, mendaur-ulang, melukis, memasak, dan apapun yang penuangan suatu kreativitas ). Sehingga dari itu mereka pun dapat menggunakannya untuk kedepannya sehingga hal-hal buruk dan pandangan buruk dari masyarakat sekitar pun dapat dihilangkan.

Terima kasih atas perhatiannya.

IMG_2201

( me<left> and my friend Yentovid <right> )

“Be cool and fill your body with proud of yourself”

“Jika kamu tidak bisa menjadi yang PERTAMA, jadilah yang TERBAIK, kalau tetap tidak bisa, jadilah yang BERBEDA dari yang lainnya”

~Kampusholic

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>